Penghargaan Karya Konstruksi Indonesia Tahun 2009

penjurianKegiatan penghargaan yang telah dilaksanakan untuk ke-7 kalinya sejak tahun 2003 oleh Departemen Pekerjaan Umum dan IAI tidak pernah absen dilibatkan dalam kepanitiaan penghargaan ini sejak awal. Untuk penghargaan tahun 2009 kali ini mengambil tema Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Konstruksi Dalam Penyelenggaraan Jasa Konstruksi.

Untuk penyelenggaraan PKKI kali ini sudah lebih maju dibanding tahun-tahun sebelumnya, di mana untuk kali ini telah dapat dilaksanakan sosialisasi penghargaan di beberapa kota di tanah air. Panitia dibagi dalam beberapa kelompok untuk tugas ini, IAI mendapat tugas sosialisasi di kota Surabaya (Jawa Timur), Pontianak (Kalimantan Barat), dan Mataram (Lombok).

Popo Danes  & istriJuga telah dilaksanakan tinjauan terhadap karya calon pemenang penghargaan, di mana IAI ikut serta dalam tim peninjau saat Prof. Eko Budihardjo mewakili para juri melakukan tinjauan terhadap bangunan Ubud Hanging Garden di Ubud, Bali sebagai tahap akhir penjurian guna memastikan bahwa karya ini memang patut untuk diberi penghargaan. Akhirnya Ubud Hanging Garden yang merupakan karya Popo Danes, IAI dipastikan memenangkan penghargaan untuk kategori teknik arsitektur.

Susunan Dewan Juri

  1. Prof. Ir. Eko Budihardjo, MSc (akademisi)
  2. Prof. Ir. Johan Silas (akademisi) - absen saat penjurian
  3. Prof. Dr. Ir. Chaidir A. Makarim (profesi) - absen saat penjurian
  4. Dr. Ir. Akhmad Suradji (akademisi)
  5. Ir. R. Bambang Goeritno, Msc., MPA (pemerintah)
  6. Ir. Mashudi, Dipl.HE (profesi)
  7. Ir. Suharyono, M.Eng (pemerintah)
  8. Ir. Suhartono (profesi)
  9. Ir. Davy Sukamta (profesi)
  10. Ir. Bambang Eryudhawan (profesi) - wakil dari IAI

Jumlah peserta

  • Kategori Teknik Konstruksi : 8 karya
  • Kategori Teknologi Konstruksi : 3 karya
  • Kategori Teknik Arsitektur : 4 karya
  • Kategori Teknologi Tepat Guna : 1  karya
  • Catatan:
    Di luar ke-16 karya di atas, saat penyaringan administrasi oleh panitia ditemukan 2 karya belum diwujudkan, sehingga keduanya dimutasi ke panitia lomba karya ilmiah dan saat berlangsungnya penjurian ditemukan pula 1 karya belum diwujudkan sehingga tidak diberi penilaian oleh dewan juri

Pemenang penghargaan

  • Kategori Teknik Konstruksi
    Sistem Perkuatan Tanah dengan Metode Bored Pile dan Soil Cement pada Lokasi Tambang Batu Bara, Sebuku, Kalimantan Selatan karya PT Pembangunan Perumahan
  • Kategori Teknologi Konstruksi
    Tidak ada pemenang
  • Kategori Teknik Arsitektur
    Ubud Hanging Garden,
    Bali karya Arsitek Popo Danes, IAI
  • Kategori Teknologi Tepat Guna
    Turbidity Certain
    untuk Menahan Sedimen pada Proyek Pembangunan Jalan/Jembatan Ruas Banda Aceh-Lamno karya PT Wijaya Karya

Penganugerahan penghargaan dilakukan langsung oleh Menteri Pekerjaan Umum, Joko Kirmanto di Taman Mini Indonesia Indah pada tanggal 30 November 2009 dan disiarkan dalam siaran tunda oleh Metro TV.

Demikian laporan singkat kegiatan PKKI tahun 2009 dan bersama laporan ini kami sampaikan untuk IAI sebuah buku yang dibuat oleh Panitia PKKI, buku Penghargaan Karya Konstruksi Indonesia 2009 yang merupakan liputan karya pemenang sebagai pelengkap laporan ini.

Jakarta, 8 Februari 2010

Samidirijono

 

catatan: laporan ini dipublikasikan di situs IAI pada 24 April 2010

Background Image

Header Color

:

Content Color

: